Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi
Vol. 2 No. 4 (2022): Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, Desember 2022

ANALISIS PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBAYARAN KLAIM MENINGGAL DUNIA PADA PT. ASURANSI JIWA SYARIAH BUMIPUTERA 1912 (CABANG MATARAM)

Mely Dwi Nurmalasari (Universitas Mataram)
Nina Karina Karim (Universitas Mataram)
Nurabiah Nurabiah (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem informasi akuntansi pembayaran klaim meninggal dunia yang telah diterapkan pada PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera 1912 (Cabang Mataram). Metode penelitian yang digunakan desktiptif pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Adapun informan pada penelitian ini yaitu KUAK dan Staf Klaim PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera 1912 (Cabang Mataram). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan sistem informasi akuntansi pembayaran klaim meninggal dunia pada PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera 1912 (Cabang Mataram) dengan menggunakan model TAM sudah cukup berjalan dengan efektif, di mana kegunaan aplikasi BIL (Bumiputera in Line) sudah mempercepat proses kerja dan meningkatkan produktifitas dalam operasional perusahaan; Kemudahan penggunaannya sudah cukup baik di mana menu atau fitur dalam aplikasi mudah digunakan dan keandalan aplikasinya sudah berjalan dengan baik; Penerimaan aplikasi BIL ini bagi karyawan sangat memberikan kemudahan di mana aplikasi ini sudah terhubung dengan internet dan pembayaran sudah menggunakan transfer bank, ATM, mobile banking; Keinginan penggunaan aplikasi BIL ini bagi karyawan agar aplikasi selalu di upgrade, adanya program pelatihan aplikasi setiap kali aplikasi di upgrade sehingga dapat menekan resiko kecurangan dan human error yang terjadi khususnya pada saat pembayaran klaim meninggal dunia. Akan tetapi pada aplikasi BIL ini memiliki beberapa kelemahan yaitu masih adanya error dalam aplikasi yang disebabkan proses pemeliharaan dari kantor pusat dan pada saat proses pembayaran klaim membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu 30 hari sama dikarenakan pemverifikasian berkas nasabah yang dilakukan secara bertahap dari kantor cabang, kantor wilayah dan kantor pusat. Secara teoritis, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan implikasi yang luas mengenai Technology Acceptance Model (TAM). Secara praktis, hasil penelitian ini dapat memberikan implikasi bagi PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera 1912 (Cabang Mataram) saran dan masukan mengenai penilaian dan pertimbangan oleh perusahaan agar dapat tepat, cepat, efektif, dan efisien dalam membuat sistem, khususnya sistem informasi akuntansi pembayaran klaim meninggal dunia. Secara Kebijakan, hasil penelitian ini berguna memberikan implikasi bagi perusahaan asuransi lain dalam menerapkan sistem informasi akuntansi khususnya pada pembayaran klaim meninggal dunia sehingga dapat diterapkan pada perusahaan asuransi yang ada di Indonesia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

risma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

FOKUS Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi memuat tentang semua artikel riset bidang keilmuan Akuntansi. Jurnal ini melayani akademisi, peneliti, dan praktisi dalam dunia akuntansi untuk mempublikasi artikelnya. Jurnal ini bertujuan sebagai wadah untuk publikasi artikel ilmiah dalam bidang Akuntansi ...