Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi
Vol. 3 No. 3 (2023): Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, September 2023

IMPLEMENTASI TATA KELOLA BADAN USAHA MILIK DESA DALAM MEWUJUDKAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS DESA (Studi Kasus: BUMDes Bahtera Mandiri di Desa Jenggala, KLU)

Enis Tasia (Univrsitas Mataram)
Rr Sri Pancawati Martiningsih (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis prinsip tata kelola BUMDes Bahtera Mandiri dalam mewujudkan sustainable development goals desa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data yang diperlukan, penulis menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara yang dilakukan dengan direktur BUMDes, perangkat desa, dan Badan Permusyawaratan Desa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  prinsip tata kelola kooperatif, partisipatif, emansipatif, transparan, akuntabel, dan berkelanjutan telah mampu menjadikan BUMDes Bahtera Mandiri Desa Jenggala dalam mewujudkan 9 dari 18 sasaran SDGs desa. Itu artinya BUMDes Bahtera Mandiri telah mampu mewujudkan 50% sasaran SDGs desa. Prestasi ini mencakup berbagai aspek pembangunan berkelanjutan, seperti penciptaan lapangan kerja, pendidikan, pengelolaan sampah, partisipasi masyarakat, dan pemberdayaan perempuan. Implikasi pada penelitian ini yaitu BUMDes Bahtera Mandiri tidak hanya berfokus pada profitabilitas ekonomi, tetapi juga pada pemberian manfaat nyata kepada masyarakat desa dan lingkungan sekitarnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

risma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

FOKUS Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi memuat tentang semua artikel riset bidang keilmuan Akuntansi. Jurnal ini melayani akademisi, peneliti, dan praktisi dalam dunia akuntansi untuk mempublikasi artikelnya. Jurnal ini bertujuan sebagai wadah untuk publikasi artikel ilmiah dalam bidang Akuntansi ...