DeKaVe
Vol 7, No 2 (2014): DeKaVe Vol. 7 No. 2 Juli-Desember 2014

YOGYAKARTA DALAM KEPUNGAN IKLAN (Sebuah Kajian tentang Estetika Lingkungan)

Prayanto Widyo Harsanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2015

Abstract

Banyaknya iklan luar ruang yang memenuhi sudut-sudut kota di Yogyakarta saat ini padaakhirnya menimbulkan berbagai permasalahan. Di Yogyakarta, kini jalan-jalan selain telah dipenuhilalulintas yang padat, masyarakat pengguna jalan masih dijejali berbagai macam bentuk media iklan luarruang, sehingga semakin lengkap kesemrawutan lingkungan kota (tata kota) di Yogyakarta. Kondisi yangdemikian bisa berujung pada kekhawatiran hilangnya slogan yang dicanangkan pemerintah dankebanggaan masyarakat Yogyakarta yaitu Jogya istimewa dan Jogya berhati nyaman. Berfokus pada iklanluar ruang yang bertebaran di Yogyakarta, studi ini menyoroti fakta bahwa ada interaksi antara iklan dankonteks lingkungan-sosial.Untuk mendeskripsikan terhadap fenomena penelitian dengan objek material berupa iklan luar ruang diYogyakarta, maka penelitian menggunakan pendekatan estetika lingkungan-sosial dari Berleant dan VictorPapanek. Dimana estetika lingkungan-sosial adalah estetika kontekstual, berangkat dari karya seni yangterwujud dalam penciptaan karya dan diapresiasi, terkait dengan konteks lingkungan-sosial.Dalam konteks fungsional, iklan dibuat untuk tujuan membantu pemasaran atas produk dan jasa secarapersuasif kepada target audiens. Pada konteks estetis, tampilan/pemasangan iklan luar ruang perlu melihattata ruang kota yang enak dilihat, tidak merusak pandangan dan tidak menyalahi aturan. Karena citravisual kota sangat terkait dengan terbentuknya identitas sebuah kota, sebuah jati diri yang membuat kotadikenal secara spesifik dan berbeda dengan kota-kota lainnya. Tentu saja, citra visual yang baik yangmampu memberikan identitas yang baik pula, dan di lain sisi, citra kota yang buruk akan memberikanidentitas yang buruk pada kota tersebut.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

dkv

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal "dekave" diterbitkan oleh Program studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa FSR, Institut Seni Indonesia Yogyakarta sebagai media publikasi ilmiah berupa karya penelitian maupun rancangan dalam bidang komunikasi visual, yang mencakup: bahasa rupa, budaya visual, desain grafis, multi ...