Pojok Guru
Vol. 1 No. 2 (2023): POJOK GURU

Model,Pendekatan,dan Pengembangan Mutu Lembaga Pendidikan

Sri Putrianingsih (IAI hasanuddin pare)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2023

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan diarahkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia terutama di Indonesia sutuhnya melalui olahhati, olahpikir, olahrasa, dan olahraga agar memiliki daya saing dalam menghadapi tantangan global. Peningkatan relevansi pendidikan dimaksudkan untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan berbasis potensi sumber daya alam Indonesia. Peningkatan mutu lembaga pendidikan Islam perlu terus diupayakan dengan mengedepankan teori teori analisis mutu dan penerapannya dalam setiap proses manajerial. Permasalahan mutu selalu berimplikasi pada nilai jual suatu lembaga pendidikan. Hasil karya pada lembaga menjadi sangat bergantung pada kualitas pembelajaran, sarana dan prasarana, fasilitas pendukung, pendidik dan peserta didik, serta hasil pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepustakaan (Library Reseach). Penelitian ini ditujukan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan bermacam-macam material yang terdapat di ruangan perpustakaan seperti, buku-buku, majalah, dokumen catatan dan kisah kisah sejarah lainnya. Beberapa Konsep Mutu yang dikemukakan oleh para ahli yaitu konsep mutu menurut Joseph Juran dengan Teory Juran trilogy yaitu Quality planning, Quality control, Quality improvement dan konsep mutu menurut Deming dengan Teoi POAC dan siklus manajemen yang menjadi acuan dalam kegiatan penjaminan mutu yaitu Plan, Do, Check, Action (PDCA). Dalam upaya untuk pengembangan mutu pendidikan dilakukan dengan cara peningkatan mutu lembaga pendidikan,peningkatan mutu pendidik yang diupayakan melalui strategi yaitu: evaluasi diri, perumusan visi misi dan tujuan, perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pojokguru

Publisher

Subject

Other

Description

The POJOK GURU journal aims to develop and disseminate knowledge through scientific articles on research results and studies of concepts or theories in an effort to enrich the scientific realm in the field of education and teacher ...