Pojok Guru
Vol. 2 No. 1 (2024): POJOK GURU: Vol. 2 No. 1 2024

STRATEGII IPEMBELAJARAN IAKIDAH IAKHLAK IMELALUII IMEDIA IWHATSAPP GROUPI IDI IERA IPANDEMI COVID-19 (STUDI IKASUS IDI ISDI IMIFTAHUL IHUDA PLOSOKANDANGI IKEDUNGWARU ITULUNGAGUNG)

ana marsela (iaih)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

AbstrakWhatsapp Group merupakan media pembelajaran daring yang cukup digandrungi oleh siswa dan wali siswa. Oleh karena itu, pemilihan Whatsapp Group sebagai media pembelajaran di SDI Miftahul Huda Plosokandang, terutama pada mata pelajaran Akidah Akhlak dirasa sebagai pilihan yang tepat, mengingat platform digital ini sangat mudah diakses oleh mayoritas siswa. Dimana sekolahan tersebut harus menggunakan pembelajaran daring serta problematika dari srategi pembelajaran dengan menggunakan media WhatsApp Group. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah deskripsi studi kasus. Sumber data yaitu kepala madrasah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi penelitian, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama dengan koordinasi kepala sekolah, melaksanakan rapat, dan membuat RPP. Kedua dengan memberikan materi, penugasan melalui WhatsApp Group, kemudian pengumpulan tugas ke sekolah. Ketiga yaitu dengan menggunakan bukti pembelajaran yang dibutuhkan untuk menyimpulkan kualitas keterampilan siswa adalah bersifat formatif atau sumatif. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, WhatsApp Group, Pandemi Covid-19 AbstractWhatsapp Group is an online learning medium that is quite loved by students and student guardians. Therefore, the selection of Whatsapp Group as a learning medium in SDI Miftahul Huda Plosokandang, especially in Akidah Akhlak subjects was felt to be the right choice, considering that this digital platform is very accessible to the majority of students. Where the school should use online learning as well as problems from the learning strategy using WhatsApp Group media. The study uses a qualitative approach, the type of research is a description of a case study. Data sources are the head of the madrasah, teachers, and students. Data collection techniques are research observation, interviews, and documentation. Data analysis starts from condensation of data, presentation of data, and drawing conclusions. While checking the validity of data by extension of participation, observational persistence, and triangulation. The results of this study show that: First by coordinating the principal, carrying out meetings, and creating an RPP. Second by providing materials, assignment via WhatsApp Group, then assignment collection to schools. Third, using the evidence of learning needed to infer the quality of a student's skills is formative or summative. Keywords : Learning Strategies, WhatsApp Group, Covid-19 Pandemic

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pojokguru

Publisher

Subject

Other

Description

The POJOK GURU journal aims to develop and disseminate knowledge through scientific articles on research results and studies of concepts or theories in an effort to enrich the scientific realm in the field of education and teacher ...