Peranan sosok pemimpin di desa Cibodas sangat mempengaruhi pelaku UMKM dalam bertahan dimasa badai pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui peranan kepala desa, mengetahui faktor dalam bertahan UMKM dimasa pandemi covid-9; dan mengetahui kendala yang dihadap oleh kepala desa maupun pelaku UMKM padasaat melakukan sistem digital marketing. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptip kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala desa, pengurus BUMDES, kelompok UMKM, ketua PKK, karang taruna, tokoh - tokoh masyarakat dan masyarakat desa yang dipilih. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi pustaka. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptip kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: peranan kepala desa sebagai sosok pemimpin di desa tersebut sangat mempengaruhi kemajuan dan kemunduran dalam melakukan strategi digital marketing bagi pelaku UMKM. Selain sebagai pemimpin dalam pemerintahan, kepala desa juga memiliki peranan penting dalam membuat strategi dalam bertahan bagi pelaku UMKM di tengan pandemi Covid-19.
Copyrights © 2021