Jurnal Media Ekonomi (JURMEK)
Vol 27 No 1 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April

MEMBANGUN PEMASARAN RELASIONAL DAN CITRA MERK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA KEDAI KOPI KENANGAN

Helmita Helmita (Universitas Bina Insan)
Yudhinanto Cn (Universitas Mitra Indonesia, Lampung)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2022

Abstract

Masalah yang terdapat dalam penelitian adalah kedai kopi kenangan masih kalah bersaing dengan kedai kopi yang lainnya serta kedai kopi kenangan masih kurang dalam mengamati perilaku konsumen paska pembelian. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data observasi, membagikan kuesioner, dan melakukan dokumentasi dalam mencari data. Penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh pemasaran relasional dan citra merk terhadap loyalitas konsumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pemasaran relasional (X1) terhadap loyalitas konsumen (Y) menunjukkan nilai thitung = 16,594 lebih besar dari nilai ttabel (1,986) dengan tingkat sig. = 0,05. Hal ini berarti dapat disimpulkan bahwa pada kedai kopi kenangan secara parsial pemasaran relasional berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Variabel citra merk (X2) terhadap loyalitas konsumen (Y) menunjukkan nilai thitung = 14,844 lebih besar dari nilai ttabel = (1.986) dengan tingkat sig. = 0,05. Hal ini berarti dapat disimpulkan bahwa secara parsial citra merk berpengaruh terhadap loyalitas konsumen pada kedai kopi kenangan. Berdasarkan hasil uji nilai Fhitung yang diperoleh adalah 145,696 > Ftabel = 3,859 dan tingkat kemaknaan secara serentak sig F adalah 0,000. Hal ini dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama (simultan) variabel bebas penelitian (pemasaran relasional dan citra merk) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat (loyalitas konsumen)

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurmek

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) menerbitkan artikel tentang Ilmu Ekonomi dari berbagai sudut pandang, yang meliputi studi literatur dan studi lapangan. Jurnal ini menempatkan empatis pada aspek-aspek yang berkaitan dengan: 1. Manajemen Sumber Daya Manusia, 2. Pengelolaan Keuangan, 3. Manajemen ...