DIPANEGARA KOMPUTER TEKNOLOGI INFORMATIKA (DIPAKOMTI)
Vol 15 No 1 (2022): Jurnal Dipanegara Komputer Teknik Informatika (DIPAKOMTI)

Rancang Bangun Game Edukasi Bahasa Pemrograman Java Menggunakan Pygame

Wa Ode Dwiki Bella Avista (UNIVERSITAS DIPA MAKASSAR)
Michael Gibran Yusuf Dani (UNIVERSITAS DIPA MAKASSAR)
Komang Aryasa (UNIVERSITAS DIPA MAKASSAR)
Ardimansyah Ardimansyah (UNIVERSITAS DIPA MAKASSAR)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemanfaatan game edukasi yang dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan juga merangsang hormon neurotransmitter dopamine untuk menguatkan daya pikir pemainnya. Permasalahan yang muncul adalah bagaimana merancang media berupa game edukasi agar dapat memotivasi para pemula dan juga membuat penyajian materi dari bahasa pemrograman Java menjadi lebih menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang media berupa game edukasi yang dapat meningkatkan motivasi pemula dalam mempelajari materi dasar bahasa pemrograman Java dengan lebih mudah. Aplikasi yang dibuat pada penelitian ini memanfaatkan library Pygame yang ada pada bahasa pemrograman Python. Pengujian perangkat lunak secara fungsional pada aplikasi Game Edukasi Bahasa Pemrograman Java ini menggunakan metode Black-Box. Aplikasi yang dihasilkan dari penelitian ini dapat membantu para pemula dalam mempelajari materi-materi dasar bahasa pemrograman Java dengan penyajiannya yang cukup menarik untuk dipelajari.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dipakomti

Publisher

Subject

Automotive Engineering Computer Science & IT Control & Systems Engineering

Description

Jurnal Penelitian Universitas Dipa Makassar yang khusus untuk penerbitan Hasil Penelitian Mahasiswa dan Dosen Program Studi Teknik ...