DIPANEGARA KOMPUTER TEKNOLOGI INFORMATIKA (DIPAKOMTI)
Vol 15 No 1 (2022): Jurnal Dipanegara Komputer Teknik Informatika (DIPAKOMTI)

Perancangan Aplikasi Penanganan Keluhan Menggunakan Algoritma Case-based Reasoning(CBR) Pada Puskesmas Antara BerbasisWeb Service

Muhammad Muheyder Cam (UNIVERSITAS DIPA MAKASSAR)
Erlangga Agung Yuzar (UNIVERSITAS DIPA MAKASSAR)
Ahmad Ahmad (UNIVERSITAS DIPA MAKASSAR)
Ahyuna Ahyuna (UNIVERSITAS DIPA MAKASSAR)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2022

Abstract

Puskesmas Antara, Kota Makassar yang merupakan salah satu puskesmas yang terletak di Jl. Perintis Kemerdekaan III, Komplek BTN Antara Blok B. 10 No. 6, Daya Kota Makassar saat ini persoalan yang dihadapi yaitu pihak manajemen hanya mengandalkan beberapa orang sajayang dianggap mampu untuk menangani keluhan dari pasien atau pengunjung, hal ini dikarenakan belum adanya sebuah metode yang tepat untuk menyimpan semua data yang dimiliki oleh masing- masing pegawai untuk mengatasi masalah tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini. Salah satunya yaitu pendukung keputusan guna membantu masyarakat, khususnya pasienya itu merancang aplikasi berbasis android dalam penanganan keluhan pelayanan poli umum menggunakan metode Case-Based Reasioning (CBR) dalam meninjau kembali solusi yang diusulkan kemudian diuji coba pada kasus nyata (simulasi), sehingga menghasilkan usulan solusi yang diperlukan suatu adaptasi dengan masalah yang baru tersebut dan bagi pihak dari Puskesmas Antara menggunakan aplikasi berbasis web untuk mengelola data keluhan pelayanan kesehatan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dipakomti

Publisher

Subject

Automotive Engineering Computer Science & IT Control & Systems Engineering

Description

Jurnal Penelitian Universitas Dipa Makassar yang khusus untuk penerbitan Hasil Penelitian Mahasiswa dan Dosen Program Studi Teknik ...