DIPANEGARA KOMPUTER SISTEM INFORMASI (DIPAKOMSI)
Vol 17 No 2 (2023): Jurnal Dipanegara Komputer Sistem Informasi (DIPAKOMSI)

Analisis Perbandingan Pencapaian Kompetensi Pada K-13 Dan IKM Menggunakan Metode K-Means

Andi Ariska Fajriananda (UNIVERSITAS DIPA MAKASSAR)
Muhammad Aryfuddyn Juma (UNIVERSITAS DIPA MAKASSAR)
Johny Soetikno (UNIVERSITAS DIPA MAKASSAR)
Wilem Musu (UNIVERSITAS DIPA MAKASSAR)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2024

Abstract

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan yang merinci apa yang harus dipelajari oleh siswa dalam suatu sistem pendidikan atau institusi pendidikan. Saat ini kurikulum yang diterapkan di sekolah adalah Kurikulum Merdeka menggantikan Kurikulum 2013 (K-13) sebelumnya. SMP Negeri 3 Majauleng adalah salah satu sekolah yang memulai peralihan ke Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka memiliki konsep yang berbeda dalam menerapkan indikator pencapaian kompetensi dibandingkan Kurikulum 2013 (K-13). Adapun metode yang digunakan yaitu metode K-Means dengan bantuan Microsoft Office Excel dan juga RapidMiner. Data penelitian ini diperoleh dari nilai rata-rata siswa dari setiap kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menunjukan bahwa SMP Negeri 3 Majauleng, dalam penerapan kurikulum terbaru yaitu IKM (Indeks Kurikulum Merdeka) sudah bisa beradaptasi terhadap perubahan metode pembelajaran dan penilaian yang diterapkan pada kurikulum IKM (Indeks Kurikulum Merdeka), hal ini ditunjukan dari nilai analisa yang dihasilkan, dimana nilai performance IKM (Indeks Kurikulum Merdeka) lebih tinggi dari Kurikulum 2013 (K-13).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dipakomsi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Penelitian Universitas Dipa Makassar yang khusus untuk penerbitan Hasil Penelitian Mahasiswa dan Dosen Program Studi Sistem ...