Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah
Vol. 1 No. 1 (2022): April 2022

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH LOKAL BERBASIS PERJUANGAN RAKYAT KERINCI MELAWAN BELANDA (1901-1903) PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA

Vidya Putri Kartini (Universitas Jambi)
Taofik Kurohman (Pendidikan Sejarah Universitas Jambi)
Budi Purnomo (Pendidikan Sejarah Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Kerinci merupakan wilayah yang pernah melakukan perlawanan terhadap Kolonialisme Belanda pada tahun 1901-1903, hal ini merupakan bentuk perjuangan rakyat Kerinci dalam menolak imperialisme dan Kolonialisme. Penelitian ini lebih difokuskan untuk pengembangan produk yakni bagaimana perjuangan rakyat Kerinci dalam melawan Kolonialisme Belanda (1901-1903) yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar terutama dalam pengembangan bahan ajar yang berbasis sejarah lokal pada mata pelajaran sejarah Indonesia di Kerinci terutama dalam kurun waktu kolonialisme dan Imperialisme Eropa. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan, dengan model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengembangan bahan ajar berbasis sejarah lokal sangat bermanfaat bagi peserta didik dikarenakan materi pembelajaran yang dekat dengan lingkungan kehidupan peserta didik, bisa menambakan minat belajar sejarah peserta didik, dan menumbuhkan rasa semangat nasionalisme peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

krinok

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Jambi ialah jurnal khusus dbentuk untuk memfasilitasi mahasiswa Pendidikan Sejarah maupun mahasiswa lain yang artikelnya berkaitan dengan fokus utama jurnal. KRINOK Unja berkerja sama dengan ...