Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah
Vol. 1 No. 1 (2022): April 2022

PEMIKIRAN S.K. TRIMURTI 1933-1957 SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH

Intri Nursadeli (Pendidikan Sejarah Unja)
Budi Purnomo (Pendidikan Sejarah Universitas Jambi)
Nelly Indrayani (Pendidikan Sejarah Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2022

Abstract

Pemikiran S.K Trimurti dituangkan dalalm bentuk tulisan yang diterbitkan dalam majalah dan pamflet seperti Majalah Fikiran Rakyat, Suara Marhaeni, Pesat, dan Trompet. Pemikiran yang dituangkannya bertujuan untuk membangkitkan semangat juang masyarkat Indoensia dalam melawan Penjajah. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi bagaimana pemikiran S.K Trimurti dalam memperjuangkan dan mempertahnkan kemerdekaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah metode Kualitatif Deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemikiran S.K Trimurti dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar sejarah pada mata pelajaran Sejarah Indonesia dan Sejarah Peminatan. Pemikiran S.K Trimurti memiliki peran penting terhadap peserta didik karena dapat meningkatkan rasa Nasionalisme dan Patriotismedalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia sehingga peserta didik akan lebih menghargai perjuangan tokoh nasionalisme dan memajukan Indonesia pada masa yang akan datang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

krinok

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Jambi ialah jurnal khusus dbentuk untuk memfasilitasi mahasiswa Pendidikan Sejarah maupun mahasiswa lain yang artikelnya berkaitan dengan fokus utama jurnal. KRINOK Unja berkerja sama dengan ...