Penurunan nilai nasionalisme kini mulai dirasakan oleh generasi muda. Rasa nasionalisme ini dapat ditumbuhkan melalui berbagai cara. Salah satunya melalui pembelajaran sejarah. Pembelajaran sejarah merupakan pelajaran yang diajarkan di sekolah oleh guru kepada siswa yang bertujuan untuk menanamkan nilai nasionalisme dan patriotisme. Untuk memunculkan nasionalisme pada siswa dapat dilakukan dengan meneladani tokoh-tokoh pada masa pergerakan nasional. Salah satunya tokohnya adalah Raden Ajeng Kartini. Raden Ajeng Kartini merupakan pejuang wanita yang membela hak-hak perempuan pribumi di masa itu. Kartini dalam keterbatasannya pada masa itu mampu melakukan kritik terhadap ketimpangan yang terjadi khususnya pada kaum perempuan. Dimana wanita dianggap lebih rendah dari pada laki-laki. Adanya perbedaan hak antara perempuan dan laki-laki inilah yang menjadi dasar pergerakan seorang Raden Ajeng Kartini. Meneladani perjuangan kartini bertujuan untuk memunculkan kembali semangat pergerakan terutama yang dilakukan oleh perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh meneladani Raden Ajeng Kartini terhadap sikap nasionalisme pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah paradigma kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan penokohan ini mampu untuk meningkatkan sikap nasionalisme pada siswa.
Copyrights © 2023