Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah
Vol. 3 No. 1 (2024): Kesejarahan Nasional, Lokal dan Pembelajaran Sejarah

ANALISIS STRATEGI PENGAJARAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Dony Saputra (Universitas Jambi)
Isrina Siregar (Universitas Jambi)
Budi Purnomo (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk Mengetahui Tentang strategi mengajar multikultural di Sekolah Menengah Atas (SMA),  metode penelitian yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah tinjauan pustakan dan studi literatur yang berisi mentahan materi yang sudah  diolah sehingga menjadi sumber yang valid dan terpercaya seperti, buku, artikel, jurnal, dan sumber bacaan lainya. Hasil dari penelitian ini antara lain :  Pertama Rancangan  strategi mengajar multikulturalisme yang efektif di SMA memerlukan kerangka konseptual atau teoritis yang kokoh sebagai dasar, Kerangka konseptual atau teoritis ini dapat membantu pendidik dalam mengarahkan pendekatan, metode, dan aktivitas pengajaran yang sesuai dengan prinsip-prinsip multikulturalisme,  Kedua Pengaruh strategi mengajar multikulturalisme di SMA terhadap pemahaman, sikap, dan keterampilan siswa terkait multikulturalisme dapat sangat signifikan. ketiga Penerapan strategi pembelajaran berbasis multikultural pada Mata Pelajaran Sejarah melalui Study eksplorasi diri dan lingkungan yaitu siswa ditugaskan untuk membuat rangkuman tentang kebudayaan dari masing-masing suku yang mereka ketahui dan masih dilaksanakan di daerahnya tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

krinok

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Jambi ialah jurnal khusus dbentuk untuk memfasilitasi mahasiswa Pendidikan Sejarah maupun mahasiswa lain yang artikelnya berkaitan dengan fokus utama jurnal. KRINOK Unja berkerja sama dengan ...