Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah
Vol. 3 No. 1 (2024): Kesejarahan Nasional, Lokal dan Pembelajaran Sejarah

ANALISIS PROGRAM STUDY TOUR WISATA SEJARAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA SISWA DI SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI

Priskilla Elisabet Saing (Universitas Jambi)
Junita Yosephine Sinurat (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Study Tour merupakan proses pembelajaran dimana siswa mempelajari materi (sumber belajar) di luar kelas dengan tujuan untuk memperdalam pemahaman terhadap materi yang digunakan di kelas dan memberikan wawasan yang lebih komprehensif. Penelitian ini mengindentifikasi bagaimana study tour wisata sejarah sebagai sumber belajar pada siswa di SMA N 2 Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan study tour wisata sejarah sebagai sumber belajar pada siswa di SMA N 2 Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penulisan penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan dekriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Study Tour wisata sejarah yang dilakukan oleh siswa SMA 2 Kota Jambi selain dapat meningkatkan motivasi belajar sejarah, juga memperluas wawasan berpikir, meningkatkan hasil belajar, melatih siswa aktif menemukan dan merespon pembelajaran, serta pembelajaran sejarah terasa lebih rileks dan menyenangkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

krinok

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Jambi ialah jurnal khusus dbentuk untuk memfasilitasi mahasiswa Pendidikan Sejarah maupun mahasiswa lain yang artikelnya berkaitan dengan fokus utama jurnal. KRINOK Unja berkerja sama dengan ...