Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah
Vol. 3 No. 1 (2024): Kesejarahan Nasional, Lokal dan Pembelajaran Sejarah

PENGARUH PEMAHAMAN NILAI-NILAI SEJARAH TERHADAP PERILAKU TOLERANSI DAN SIKAP CINTA TANAH AIR SISWA KELAS XII IPS SMAN 15 MERANGIN

Lisa (Universitas Jambi)
Ela Yulastini (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengaruh pemahaman niali-nilai sejarah terhadap perilaku toleransi dan sikap cimta tanah air siswa kelas XII IPS SMA Negeri 15 Merangin tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 15 Merangin pada Februari 2022. Data penelitian di peroleh dengan cara menyebarkan angket kepada siswa kelas XII (sebagai data utama). Setelah Data Dikembalikan, data di analisis secara kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasional. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh pemahaman nilai-nilai sejarah terhadap perilaku toleransi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 15 Meragin karena nilai signifikansinya yang diperoleh sebesar 0,000 < 0,05. Artinya, semakin tinggi pemahaman nilai-nilai sejarah maka akan mengakibatkan perilaku toleransi semakin tinggi pula; (2) Terdapat pengaruh pemahaman nilai-nilai sejarah terhadap sikap cinta tanah air siswa kelas XII IPS SMA Negeri 15 Merangin karena nilai signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05. Artinya, semakin tinggi pemahaman nilai-nilai sejarah siswa maka akan mengakibatkan sikap cinta tanah air semakin tinggi pula; (3) Terdapat pengaruh bersama pemahaman nilai-nilai sejarah terhadap perilaku toleransi siswa dan sikap cinta tanah air siswa kelas XII IPS SMA Negeri 15 Merangin karena nilai probabilitas signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05. Ini berarti semakin tinggi pemahaman nilai-nilai sejarah maka akan mengakibatkan perilaku toleransi dan sikap cinta tanah air semakin tinggi pula. Besarnya pengaruh pemahaman nilai-nilai sejarah terhadap perilaku toleransi dan sikap cinta tanah air siswa kelas XII IPS SMA Negeri 15 Merangin adalah sebesar 40,6% sisanya 59,4% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel penelitian.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

krinok

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Jambi ialah jurnal khusus dbentuk untuk memfasilitasi mahasiswa Pendidikan Sejarah maupun mahasiswa lain yang artikelnya berkaitan dengan fokus utama jurnal. KRINOK Unja berkerja sama dengan ...