Jurnal Pendidikan Nusantara
Vol. 2 No. 3 (2023): Jurnal Pendidikan Nusantara (September-December)

Peningkatan Keterampilan Guru Menggunakan Audio Visual dalam Pembelajaran IPS di Pondok Pesantren

Karomatul Hidayah (Pesantren Tahfizh Alam Quran Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia)
Elhaq Zainur Rochim (Pesantren Sintesa Badrussalam Dupak, Jawa Timur, Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana teknologi berperan dalam kelangsungan pembelajaran di pesantren, khususnya pondok pesantren alam Qur’an Ponorogo pada jenjang SMP kelas 7 yang berjumlah 32 siswa. Proses pembelajaran yang berlangsung dalam pesantren biasanya menggunakan metode lama, yakni guru hanya sekedar ceramah menyampaikan materi dan siswa hanya mendengarkan saja. Serta jauh dari kemajuan teknologi. Agar mampu menumbuhkan semangat dan menjadi pembelajaran yang menyenangkan maka seorang guru harus memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah pendahuluan, lapangan dan analisis data. Dari hasil penelitian, bahwa dalam proses pembelajaran di pondok pesantren alam Qur’an Ponorogo sebagian guru sudah menggunakan teknologi dalam pembelajaran, seperti menanyangkan video, gambar ataupun yang lain dengan menggunakan proyektor. Siswa yang mengikuti proses pembelajaran khususnya mata pelajaran IPS ini mereka sangat antusias dalam memperhatikan, minim tidur, dan juga minim kebisingan.  Dalam melakukan evaluasi pembelajaran, guru secara langsung menanyai kepada murid mengenai pelajaran apa yang ada dalam tayangan video pada saat selesainya pembelajaran hari itu, dan evaluasi bulanan yang digunakan berupa soal-soal yang berkaiatan dengan materi pelajaran. Hal ini digunakan guru untuk mengetahui sejauh mana siswa dapat memahami materi pelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

Jurnal Pendidikan Nusantara is a journal published by Tahta Media Group in collaboration with the Association of Muslim Community in ASEAN (AMCA). e-ISSN: 2809-6495 & p-ISSN: 2809-7041. It is a peer-reviewed journal first published in 2022. It publishes three regular editions a year scheduled for ...