J-CEKI
Vol. 3 No. 5: Agustus 2024

Analisis Penggunaan Teknik Ecoprint untuk Menanamkan Kreativitas Siswa Kelas I pada Pelajaran SBdP di SDI Kuanino 3

Kristina E. Noya Nahak (Universitas Citra Bangsa)
Asbin Selten Umbu Deta (Universitas Citra Bangsa)
Loys Eunike Anin (Universitas Citra Bangsa)
Asty Tia Nomleni (Universitas Citra Bangsa)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan kreativitas siswa kelas I dengan menggunakan teknik ecoprint dalam mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) di SD Inpres Kuanino 3 kota Kupang. Pendidikan seni dianggap krusial dalam mengembangkan potensi siswa sejak usia dini, dan teknik ecoprint dipilih karena keberlanjutannya terhadap lingkungan serta penggunaan bahan alami seperti daun dan bunga untuk menciptakan motif pada kain. Penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara untuk mengumpulkan data yang menggambarkan bagaimana penerapan teknik ecoprint mempengaruhi kreativitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan teknik ecoprint siswa menunjukan kresativitas yang tingi. Penggunaan teknik ecoprint tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis siswa dalam seni, tetapi juga mendalami pemahaman mereka tentang lingkungan dan warisan budaya local yang dapat dijadikan seni. Dengan demikian, teknik ini memberikan dampak positif dalam mengembangkan kreativitas dan apresiasi seni siswa di tingkat sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...