Pragmatik: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Vol. 1 No. 1 (2024): Pragmatik: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

PENGARUH GENDER TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA KONSEP PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL

Dewi Rosikhoh (IAIN Madura)
Liny Mardhiyatirrahmah (UIN Antasari)



Article Info

Publish Date
01 May 2024

Abstract

Pemahaman pada konsep aljabar merupakan salah satu kemahiran aljabar yang diharapkan dapat tercapai dalam pembelajaran matematika melalui kemampuan siswa dalam mengaitkan antar konsep dan aplikasi algoritma secara luwes, akurat, efisien, dan tepat dalam pemecahan masalah. Perbedaan gender tentu menyebabkan perbedaan fisiologi dan memengaruhi perbedaan psikologis dalam belajar sehingga siswa laki-laki dan perempuan tentu memiliki banyak perbedaan dalam mempelajari matematika. Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui adanya pengaruh gender terhadap pemahaman pada konsep persamaan linear satu variabel (PLSV). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi semua siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Hidayatul Mubtadiin Wajak tahun pelajaran 2018/2019. Instrumen pengukuran adalah soal tes yang telah melalui uji validitas, reliabilitas, daya pembeda serta tingkat kesukaran. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi regresi. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa gender sedikit berpengaruh pada pemahaman konsep persamaan linear satu variabel. Kontribusi gender adalah 22,7% dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,476. Siswa perempuan memiliki pemahaman konsep persamaan linear satu variabel lebih tinggi dibanding siswa laki-laki dengan persamaan regresi Y=41-17,5X.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jip

Publisher

Subject

Education

Description

Pragmatik: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh CV. Anugerah Duta Perdana bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Pragmatik: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan akan terbit 2 (dua) kali dalam setahun, pada periode Maret - Agustus dan September dan ...