SENMEA
Vol. 5 No. 1 (2020): PROSIDING SEMINAR NASIONAL MANAJEMEN, EKONOMI DAN AKUNTANSI 2020

PENGARUH PENJUALAN TERHADAP LABA KOTOR (Studi Kasus Pada Home Industry Kopi Karuhun)

Niar Imaniar (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Andri Indrawan (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Risma Nurmilah (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penjualan terhadap Laba Kotor. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini Penjualan dan Laba Kotor. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah laporan laba rugi bulanan pada Home Industry Kopi Karuhun. Dalam penelitian ini pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan : variabel bebas yaitu penjualan dan variabel terikat yaitu laba kotor. Hasil penelitian uji hipotesis parsial (uji t) sebesar 2,716 > 2,032 dan tingkat signifikan ( 0,010 < 0,05 ), maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya penjualan berpengaruh positif terhadap laba kotor secara parsial pada Home Industry Kopi Karuhun. Maka dapat disimpulkan bahwa penjualan berpengaruh terhadap laba kotor. Penjualan berpengaruh sebesar 17,8% terhadap laba kotor dan sisanya 82,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini oleh penulis.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

senmea

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Prosiding ini merupakan media publikasi bagi seluruh pemakalah yang mengikuti Seminar Nasional dan Call for Paper Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (SENMEA). Seminar Nasional Manajemen , Ekonomi dan Akuntansi telah dilaksanakan berturut- turut sejak 2016. Adapun Prosiding SENMEA ini terbit satu kali ...