Penelitian ini bertujuan: 1). Mendeskripsikan kompetensi pedagogik dosen mata kuliah akuntansi keuangan berbasis IFRS 2). Mendeskripsikan kompetensi profesional dosen pada mata kuliah akuntansi keuangan berbasis IFRS. Survey dilakukan terhadap dosen Perguruan Tinggi Swasta di Malang yang mengampu mata kuliah Pengantar Akuntansi, Akuntansi Keuangan Menengah, dan Teori Akuntansi. Hasil survey dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik dosen akuntansi keuangan rata-rata cukup baik. Persiapan dosen dimulai dengan menyusun dan menjelaskan silabus dan rencana pembelajaran kepada mahasiswa, penyajian materi pembelajaran sudah dikaitkan dengan realitas kehidupan, strategi pembelajaran dilakukan dengan model kooperatif dengan mengelompokkan mahasiswa, dosen menggunakan media pembelajaran untuk menghasilkan pesan yang menarik. Proses pembelajaran dimulai dengan memberi kesempatan berpartisipasi aktif dan memberi kuis pada setiap selesai pembahasan materi, kemudian dilanjutkan penilaian proses belajar yang didukung dengan dokumen protofolio. Analisis kompetensi profesional tentang akuntansi keuangan berbasis IFRS, dari jumlah dosen yang diteliti hampir 50% sudah mengajarkan materi IFRS pada mata kuliah yang diampu, selalu mengikuti perkembangan materi IFRS, menyesuaikan materi dengan perkembangan IFRS, tetapi masih sebagian kecil yang melakukan penelitian berbasis IFRS dan menyusun buku ajar, dukungan dana dari lembaga dalam mengikuti seminar atau workshop perlu ditingkatkan.
Copyrights © 2016