Dialektika: Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
Vol 8 No 1 (2023): Dialektika : Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial

Strategi dan Saluran Pemasaran Rengginang Lorjuk Produksi Desa Prenduan

Hopid Hopid (Universitas Wiraraja Madura)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2023

Abstract

Rengginang lorjuk merupakan salah satu dari sekian banyak makanan ringan khas Sumenep yang sangat terkenal, pemasaran rengginang lorjuk sudah merambah ke luar daerah yang dipasarkan oleh lembaga pemasaraan yakni para pedagang besar maupun pengecer dalam rangka memenuhi permintaan konsumen. Tingginya permintaan rengginang lorjuk disebabkan cita rasa, aroma dan bahan yang digunakan sangat disukai oleh para konsumen dibandingkan dengan rengginang produksi luar daerah Sumenep. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi dan saluran pemasaran rengginang lorjuk yang efektif. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mengkaji strategi dan saluran pemasaran dengan objek penelitian produsen dan lembaga pemasaran rengginang lorjuk di Desa Prenduan. Pengumpulan data primer menggunakan metode observasi dan wawancara sedangkan data sekunder diperoleh dari studi literatur yang berkaitan dengan penelitian ini.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran rengginang lorjuk yang diterapkan oleh para produsen adalah strategi produk, strategi kerjasama dan strategi harga. Saluran pemasaran rengginang lorjuk produksi Desa Prenduan  pertama yaitu dari produsen ke pedagang besar ke pengecer kemudian konsumen, kedua dari produsen ke pengecer ke pengecer kemudian konsumen, ketiga dari produsen kemudian konsumen, keempat dari produsen ke pengecer kemudian konsumen.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dialektika

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Dialektika adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Islam Raden Rahmat Malang. Jurnal ini memiliki spesifikasi sebagai media untuk mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian dan pemikiran konseptual yang berkaitan dengan bidang Ekonomi dan Ilmu Sosial. ...