Pandemi covid-19 yang menyerang Indonesia berdampak pada berbagai aspek kehidupan salah satunya adalah pendidikan. Pendidikan yang umumnya dilakukan secara tatap muka harus ditiadakan, akhinya pendidikan dilakukan dengan sistem Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). PJJ kurang optimal dikarenakan ada berbagai kendala yang dialami oleh guru dan siswa. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendidkripsikan pelaksanaan PJJ, menganalisa kendala PJJ kemudian memberikan solusi atas kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan PJJ di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data dengan melakukan observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Pelaksanaan PJJ di MTs Jam’ul Mu’awanah Patuk dilakukan dengan dua metode pembelajaran yaitu PJJ dan tatap muka berkala. 2) Kendala yang dialami dalam proses PJJ di MTs Jam’ul Mu’awanah Patuk yaitu tidak semua guru menguasai media pembelajaran berbasis IT, sinyal guru dan siswa, keterbatasan kuota, kurangnya kerjasama antar orangtua dengan siswa, serta kurangnya pemahaman siswa terhadap materi daring. 3) Solusi yang dilakukan untuk mencegah kendala PJJ adalah : guru melaksanakan pelatihan IT mandiri, tatap muka berkala, pembagian kuota gratis agar tidak terjadinya keterbatasan kuota, anak-anak dihimbau mencari tempat yang banyak sinyal dengan menggunakan prokes, serta menghimbau wali agar meningkatkan kerjasama antara wali, guru dan siswa.
Copyrights © 2022