Pada abad 21 ini kompetensi yang paling penting adalah kompetensi pedagogis. Penentu keberhasilan guru dalam melakukan kegiatan belajar mengajar tergantung dengan kompetensi pedagogik gurunya. Jurnal ini dilakukan dengan tujuan menganalisis perankompetensi pedagogik guru SKI dalam pembelajaran abad 21 di MTS Al Utsmani Gejlig Kajen Kabupaten Pekalongan. Adapun peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dalam melakukan penelitian ini. Sedangkan observasi lapangan, wawancara secara langsung kepada informan, dan dokumentasidipilih peneliti dalam pengumpulan data. Kemudian peneliti melakukan analisisdengan cara mereduksi, menyajikan, dan verifikasi data Setelah data terkumpul. Untuk Hasil penelitian Yang didapatkan peneliti setelah melakukan penelitian sebagai berikut: Telahditemukan hasil bahwasanya guru SKI di MTS Al Utsmani dianggap sesuai kualifikasi guru dengan kemampuan kompetensi pedagogiknya yang mumpuni. Siswa telah dengan mudah memahami terhadap penyampain yang dilakukan guru SKI tersebut merupakan bukti kemampuan pedagogik yang memadai. Ketercapaian pendidik dalam memberikan kebutuhan siswa ini menjadi bukti pemenuhan standar kompetensi pedagogik guru. Guru telah melaksanakan pembelajaran, merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran, menganalisis hasil evaluasi untuk menentukan tingkat ketuntasan belajar (mastery learning); dan memanfaatkan hasilnya untuk memperbaiki kualitas program pembelajaran merupakan komponen-komponen kompetensi pedagogik pada pembelajaran abad 21. Selain itu disetiap pembelajranpun selalu di integrasikan dengan teknologi agar sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman.
Copyrights © 2023