Wawasan Belajar Anak Usia Dini
Vol 1 No 1 (2023)

PENGARUH IMPLEMENTASI MEDIA BUSYBOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK (4-5 TAHUN) KELAS A2 DI KB. AL-HUDA BANYUBUNIH GALIS

Salwa (STIT Al-Ibrohimy Bangkalan)
SWMDiningrat (STIT Al-Ibrohimy Bangkalan)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi media busybook terhadap kemampuan berhitung anak (4-5) kelas A2 di KB. Al-Huda Banyubunih galis bangkalan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen quasi, yang menjadi sample dalam penelitian ini adalah anak kelas A2 dimana pemilihannya didasarkan pada beberapa pertimbangan khusus oleh penulis. Dalam penelitian ini menggunakan perbandingan dimana jumlah sample dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok kontrol dan eksperimen. Dimana Pada kelompok eksperimen ini diterapkan media busybook dalam kegiatan berhitungnya, sedangkan untuk kelompok kontrol tetap menggunakan buku paket tema. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Setelah penulis melakukan analisis data, hasil dari pengimplementasian media busybook terhadap kemampuan berhitung anak kelas A2 kelompok eksperimen menunjukan hasil yang baik. Hal ini terlihat dari analisis penilaian guru terhadap penggunaan media busybook, yang memperoleh nilai rata-rata antara 3-5 dengan parameter nilai yang “cukup tinggi”, sedangkan analisa data tes mengenai kemampuan berhitung sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample t-test dengan SPSS 22 dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil posttest anak pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hal tersebut didukung dengan perolehan hasil rata-rata nilai kelompok kontrol yaitu 6.73 sedangkan perolehan hasil rata-rata nilai kelompok eksperimen yaitu 9.67.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

waladi

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal ini fokus untuk mengeksplorasi, mengembangkan, dan mempromosikan pemahaman tentang proses belajar anak usia dini, termasuk faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kognitif, sosial, emosional, dan fisik mereka. Fokusnya adalah pada pendekatan yang inovatif, berbasis bukti, dan beragam ...