Wawasan Belajar Anak Usia Dini
Vol 1 No 1 (2023)

PERMAINAN BEBERAN (KARTU SOAL) TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAH PENDEK PADA ANAK USIA DINI

Abd. Azis (STIT Al-Ibrohimy Bangkalan)
Siti Fatinah (STIT Al-Ibrohimy Bangkalan)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2023

Abstract

Permainan beberan (kartu soal) adalah permainan yang mana anak membentuk sebuah kelompok yang terdiri dari beberapa anak sesuai dengan jumlah anak yang ada di dalam kelas tersebut, permainan ini dilengkapi dengan kartu soal. Kartu soal ini berisikan soal yang berisikan bacaan surah pendek yang akan dibaca anak. Anak dapat memilih kartu yang mana saja, kartu yang dipilih anak merupakan soal yang nantinya yang akan dijawab oleh anak, dengan dibantu guru yang membacakan soal tersebut. Jadi dalam permainan ini anak diberikan kesempatan untuk berperan aktif dalam proses belajar.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling. Pengumpulan data peneliti menggunakan ,tes dan dokumentasi. Untuk menganalisis data menggunakan rumus prosentase dan product moment. Dan untuk pembuktian hipotesis penelitian ini menggunakan nilai kritik product moment. Sesuai dengan table analisis data, maka setelah dikonsultasikan dengan nilai kritik product moment dengan nilaiN=30 dengan nilai control signifikasi 1% =0,463 dan taraf signifikasi 5% = 0,361. Maka “r” kerja 0,463 lebih besar daripada harga kritik product momentnya. Sehingga terdapat kolerasi positif antara kedua variable penelitian ini.Dengan kata lain (Ha) yang menyatakan ada “Pengaruh Metode Bermain Permainan Beberan (KartuSoal) terhadap kemampuan menghafal surah pendek anak kelas B RA Darul Muttaqin Karang Gayam Blega “ diterima. Nilai “r” kerja penelitian ini sebesar 0,463 terletak antara 0,40-0,70. Berdasarkan table interprestasi koefisien korelasi nilai “r”, maka korelasi antara variable X dan variable Y menunjukkan korelasi “cuku patau sedang”.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

waladi

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal ini fokus untuk mengeksplorasi, mengembangkan, dan mempromosikan pemahaman tentang proses belajar anak usia dini, termasuk faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kognitif, sosial, emosional, dan fisik mereka. Fokusnya adalah pada pendekatan yang inovatif, berbasis bukti, dan beragam ...