Wawasan Belajar Anak Usia Dini
Vol 1 No 2 (2023)

Implementasi Penggunaan Media Pop Up Book terhadap Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia Dini

Abd Azis (STIT Al-Ibrohimy Bangkalan)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2023

Abstract

Implementasi Penggunaan Media Pop Up Book Terhadapa Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak An- Nidhomiyah Bangpendah Galis Bangkalanā€¯.Yang melatar belakangi penelitian ini adalah karena banyak anak di TK An- Nidhomiyah tidak bisa mengenal huruf A sampai Z dengan sempurna dikarenakan ada beberpa huruf yang bentuk ataupun cirinya sama namun bunyinya berbeda, dan untuk pengenalan huruf tidak bisa di sampaikan hanya dengan menuliskan setiap huruf A sampai z melainkan dibutuhkan sebuah media yang mempermudah proses pembeljaran pengenalan huruf pada anak.Dari latar belakang di atas, maka peneliti mengambil beberapa Rumusan Masalah yakni: 1. Bagaimana penerapan media pop up book terhadap pengenalan huruf pada anak kelompok B di Taman Kanak-kanak An-Nidhomiyah Bangpendah Galis? 2. Apakah penggunaan media pop up book dapat meningkatkan peneganlan huruf dapa anak kelomopok B di Taman Kanak-kanak An-Nidhomiyah Bangpendah Galis?.Penelitian ini dilakukan di TK AN-Nidhomiyah terletak di Desa Bangpendah Kecamatan Galis yang penelitiannnya menggunakan jenis penelitian kualitatif dan metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi subjek penelitaian peserta didin dan juga pendidik TK An-Nidhomiyah. Hasil dari analisis data penelitian tentang implementasi penggunaan media pop up book terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok B di TK An-Nidhomiyah di Desa Bangpendah Galis yaitu memberikan manfaat kepada peserta didik maupun pendidik serta dapat meningkatkan pengenalan huruf pada peserta didik kelompok B di TK An-Nidhomiyah Desa Bangpendah Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

waladi

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal ini fokus untuk mengeksplorasi, mengembangkan, dan mempromosikan pemahaman tentang proses belajar anak usia dini, termasuk faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kognitif, sosial, emosional, dan fisik mereka. Fokusnya adalah pada pendekatan yang inovatif, berbasis bukti, dan beragam ...