Prosiding Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis
Vol. 2 (2023): Simposium Manajemen dan Bisnis

PENGARUH VIRAL MARKETING, FLASH SALE, DAN SHOPEE PAYLATER TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA SHOPEE

Syaiful Hadi Wiyono (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Dian Kusumaningtyas (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Itot Bian Raharjo (Universitas Nusantara PGRI Kediri)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Viral Marketing, Flash Sale, dan Shopee PayLater terhadap Pembelian Impulsif pada Shopee. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa progam studi manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri angkatan 2019. Teknik sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dimana dalam pengambilan data hanya dilakukan bagi mahasiswa pengguna Shopee dan menggunakan fitur pembayaran Shopee PayLater. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Koefisien Determinasi dan Uji Hipotesis dan diolah menggunakan SPSS 23. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa viral marketing berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif, flash sale berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif, sedangkan Shopee PayLater tidak berpengaruh terhadap pembelian impulsif. Secara simultan viral marketing, flash sale, dan Shopee paylater berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

simanis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Prosiding Simposium Nasional Manajemen Bisnis menerbitkan penelitian dalam disiplin ilmu yang disediakan aplikasi untuk manajemen, serta penelitian di bidang-bidang seperti Manajemen Strategi, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasi, Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, Teknologi Keuangan, ...