Prosiding Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis
Vol. 2 (2023): Simposium Manajemen dan Bisnis

ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR MENGEMBANGKAN USAHA MIKRO BERBASIS EKONOMI KREATIF PADA PENGRAJIN ECOPRINT DI WERUNGOTOK

Alma Wahyu Prastiwi (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Sigit Ratnanto (Universitas Nusantara PGRI Kediri)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis strategi apa yang sudah digunakan usaha ini serta memberikan strategi alternatif yang sesuai posisi dan situasi usaha saat ini. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan model analisis SWOT. Model ini dipergunakan sebagai penentu posisi usaha dan alternatif strategi pengembangan usaha di Omah Craft Kautsar. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi produk. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa strategi produk berdasarkan diagram SWOT berada pada kuadran I yang berarti memiliki kekuatan dan peluang besar. Alternatif strategi produk sesuai matrik SWOT yaitu strategi SO (strenght-opportunitiy) dengan cara memaksimalkan penggunaan produk yang berbahan dasar alami karena itu merupakan tren saat ini sampai kapanpun dan memaksimalkan penggunan merek dagang untuk menarik orang yang suka gaya hidup ramah lingkungan untuk membeli produk ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

simanis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Prosiding Simposium Nasional Manajemen Bisnis menerbitkan penelitian dalam disiplin ilmu yang disediakan aplikasi untuk manajemen, serta penelitian di bidang-bidang seperti Manajemen Strategi, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasi, Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, Teknologi Keuangan, ...