Prosiding Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis
Vol. 2 (2023): Simposium Manajemen dan Bisnis

STRATEGI PEMASARAN TOKO MBS SPORT DALAM MENJAGA PERSAINGAN BISNIS SEJENIS

Virta Ariyanti (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Edy Djoko Soeprajitno (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Moch. Wahyu Widodo (Universitas Nusantara PGRI Kediri)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pemasaran dan analisis SWOT strategi pemasaran toko MBS Sport dalam menjaga persaingan bisnis sejenis. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis data induktif yaitu proses menganalisa yang berangkat dari fakta-fakta khusus kemudian ditarik generalisasi yang bersifat umum. Hasil pelaksanaan strategi pemasaran yang diterapkan toko MBS Sport dalam menjaga persaingan bisnis sejenis dengan strategi produk, strategi harga, strategi tempat, strategi promosi, strategi sumber daya manusia, strategi proses, strategi bukti fisik yang sudah efektif dan efien. Sedangkan hasil kekuatan dari toko MBS Sport meliputi lokasi yang strategis, bisa refund, produk baru, antar barang, jasa jersey printing, harga murah, dan kualitas produk bagus. Kelemahannya modal terbatas, kekurangan tenaga, lahan parkir sempit, transaksi tunai, dan ruangan kurang luas. Peluangnya lokasi tengah kota, perkembangan cabang olahraga, dan kesadaran masyarakat akan pentingnya olahraga. Dan ancaman adalah adanya pesaing baru yang agresif, online shop, dan pesaing lama yang semakin berkembang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

simanis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Prosiding Simposium Nasional Manajemen Bisnis menerbitkan penelitian dalam disiplin ilmu yang disediakan aplikasi untuk manajemen, serta penelitian di bidang-bidang seperti Manajemen Strategi, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasi, Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, Teknologi Keuangan, ...