Prosiding Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis
Vol. 3 (2024): Simposium Manajemen dan Bisnis

EVALUASI KINERJA RANTAI PASOKAN U.D YUDHA SEKARTANI UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI DENGAN METODE SUPPLY CHAIN OPERATIONS REFERENCE (SCOR)

Elvaiza Reysafa Zahra Novia (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Alya Mahdina Fariha (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Moh Husien Yudha Putra (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Macella Dinar Winarko (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Arthur Daniel Limantara (Sekolah Tinggi Teknologi Cahaya Surya)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dalam meningkatkan kinerja dan adaptabilitas  rantai pasokan, yang dapat mempengaruhi kemampuan perusahaan agar tetap relevan dalam lingkungan bisnis. Penelitian ini dilakukan pada U.D Yudha Sekartani, yang merupakan salah satu Perusahaan yang bergerak dalam bidang pengolahan dan penjualan beras pecah kulit (PK). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara dan observasi. Untuk mengevaluasi kinerja rantai pasok menggunakan metode Supply Chain Operations Reference (SCOR) yang meliputi pengukuran kinerja Reliability, Responsiveness, Cost, dan Asset Management. Hasil perhitungan menunjukkan nilai metrik Perfect Order Fullfilment (POF) sebesar 99,47%, metrik Order Fulfilment Cycle-Time (OFCT) selama 12-13 hari, metrik, Cost of Good Sold (COGS) sebesar 47,90%, dan metrik Cash to-Cash Cycle Time (CTCCT) selama 26 hari.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

simanis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Prosiding Simposium Nasional Manajemen Bisnis menerbitkan penelitian dalam disiplin ilmu yang disediakan aplikasi untuk manajemen, serta penelitian di bidang-bidang seperti Manajemen Strategi, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasi, Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, Teknologi Keuangan, ...