Prosiding Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis
Vol. 3 (2024): Simposium Manajemen dan Bisnis

IMPLEMENTASI PERHITUNGAN PAJAK PENGHASILAN PERDAGANGAN MELALUI SISTEM ELEKTRONIK (PMSE) DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENGHASILAN USAHA E-COMMERCE (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN DI KABUPATEN KEDIRI)

Septiana Dinar Wahyuni (Universitas Islam Kadiri)
Ninik Anggraini (Universitas Islam Kadiri)
Khasanah Sahara (Universitas Islam Kadiri)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2024

Abstract

Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi perhitungan pajak penghasilan Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE) dan pengaruhnya terhadap penghasilan usaha e-commerce. Data yang digunakan dalam penelitian ini pada bulan Mei 2023 hingga April 2024 dengan pendekatan Deskriptif Kuantitatif. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa perusahaan belum melakukan perhitungan pajak Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE), akibat dari penerapan perhitungan ini adalah terdapat perbedaan penghasilan bersih yang diterima oleh perusahaan sebelum menerapkan PP No 55 Tahun 2022 dengan setelah melakukan penerapan PP No 55 Tahun 2022. Penghasilan bersih yang diterima oleh perusahaan sebelum penerapan PP No 55 Tahun 2022 sebesar Rp 3.467.824.577. Setelah penerapan PP No 55 Tahun 2022 sebesar Rp 3.445.425.016, namun perhitungan ini belum dilakukan perhitungan kembali dengan menggunakan aplikasi Kortek.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

simanis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Prosiding Simposium Nasional Manajemen Bisnis menerbitkan penelitian dalam disiplin ilmu yang disediakan aplikasi untuk manajemen, serta penelitian di bidang-bidang seperti Manajemen Strategi, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasi, Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, Teknologi Keuangan, ...