Prosiding Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis
Vol. 3 (2024): Simposium Manajemen dan Bisnis

MEDIASI GREEN TRUST PADA DETERMINANT GREEN PURCHASE INTENTION

Aprilia Dian Evasari (Universitas Islam Kadiri)
Ahmad Yani (Universitas Islam Kadiri)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Green Brand Image, Eco-Label dan Green Perceived Quality terhadap green purchase intention dimediasi green trust konsumen kosmetik ramah lingkungan di Kediri. Populasi penelitian ini adalah konsumen online produk ramah lingkungan pada SUDUT CANTIK OFFICIAL di Shopee sebanyak 163 responden. Jumlah sampel sebanyak 116 responden dengan metode slovin. Teknik pengambilan sampel adalah teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner dan studi pustaka. Analisis data menggunakan path analysis. Kebaruan dalam peneltian ini adanya penggabungan beberapa variabel (determinan green purchase intention) kosmetik ramah lingkungan di Kediri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Green Perceived Quality dan green trust memiliki pengaruh langsung terhadap green purchase intention, namun pengaruh langsung pada Green Brand Image dan Eco-Label tidak berpengaruh signifikan terhadap green purchase intention. Sedangkan untuk pengaruh mediasi menunjukkan bahwa green trust mampu memediasi pengaruh Green Brand Image, Eco-Label, dan Green Perceived Quality terhadap green purchase intention.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

simanis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Prosiding Simposium Nasional Manajemen Bisnis menerbitkan penelitian dalam disiplin ilmu yang disediakan aplikasi untuk manajemen, serta penelitian di bidang-bidang seperti Manajemen Strategi, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasi, Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, Teknologi Keuangan, ...