TARBIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 2, No 1 (2023): Tarbiyah : Jurnal Pendidikan Agama Islam

Meningkatkan Pemahaman Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match

Reni Dwi Jayanti (Pendidikan Profesi Guru UIN Raden Mas Said Surakarta)
Ermawaty Sholikhah (Pendidikan Profesi Guru UIN Raden Mas Said Surakarta)
Muniggar Kusuma (Pendidikan Profesi Guru UIN Raden Mas Said Surakarta)
Danang Purnomo (Pendidikan Profesi Guru UIN Raden Mas Said Surakarta)
Sukirman Sukirman (UIN Raden Mas Said Surakarta)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahaui peningkatan hasil belajar siswa siswa kelas V SD Muhammadiyah Wonorejo Kec. Polokarto, Kab. Sukoharjo Tahun Pelajaran 2023/2024 melalui pembelajaran kooperatif Make a Match. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru kelas. Adapun Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, tes dan dokumentasi.  Hasil penelitian dapat dilihat dari penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siklus I, II dan III dengan hasil nilai rata-rata mengalami peningkatan pada pra siklus dari 73,2 menjadi 76 pada siklus I, dan meningkat lagi pada siklus II sebesar 83,2. Untuk angka ketuntasan belajar siswa dari pra siklus ke siklus I naik menjadi 15 anak atau sebesar 60%, dan pada siklus II meningkat menjadi 20 anak atau 80%. Karena pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai lebih dari 80% dari jumlah siswa, maka peneliti menghentikan penelitian, karena hasil penelitian sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

tarbiyah

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

TARBIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam. ISSN: 2985-5233 is the Islamic Educational Research Journal published every six months in June and December by the Prodi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAI Al Muhammad Cepu, Blora, Jawa Tengah, Indonesia. The journal focuses its scope on the issues ...