TARBIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 1, No 1 (2022): Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam

Tafsir Kontekstual Fazlur Rohman

Andra Isnaini Kartomo (STAI AL MUHAMMAD CEPU)
Muhammad Akmaludin (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2022

Abstract

       Al-Qur’an turun dengan bahasa Arab di kawasan Arab. Dengan demikian, pemahaman gramatikal dan kondisi sosio-historis menentukan penafsiran ayat yang ada dalam al-Qur’an. Penafsiran dengan pola pemahaman gramatikal umumnya berorientasi tekstual dan lepas dari kesejarahan dan sebab turunnya al-Qur’an. Penafsiran seperti itu akan menyebabkan Al-Qur’an dipahami secara eksklusif dan partikular. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang Tafsir Kontekstual Fazlur Rahman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (library research). Hasil dari karya ilmiah ini yaitu Ilmu tafsir, termasuk hasil tafsirnya tidak bisa dilepaskan dari sebab turunnya ayat, kondisi sosio-historis, politik, ekonomi dan kebudayaan masyarakatnya. Dengan menempatkan ayat Al-Qur’anpada konteksnya, maka kandungan Al-Qur’anakan tetap terus relevan dengan kebutuhan manusia dan makhluk yang lain. Metode tafsir kontekstual yang ditawarkan Fazlur Rahman setidaknya telah menyediakan landasan filosofis untuk pengembangan penafsiran pada saat ini dan masa mendatang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tarbiyah

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

TARBIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam. ISSN: 2985-5233 is the Islamic Educational Research Journal published every six months in June and December by the Prodi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAI Al Muhammad Cepu, Blora, Jawa Tengah, Indonesia. The journal focuses its scope on the issues ...