EduBase: Journal of Basic Education
Vol 4 No 2 (2023): EduBase : Journal of Basic Education

Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) terhadap Keterampilan Berkomunikasi pada Muatan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar

Sabryna Putri Nirwana (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Apri Irianto (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Reza Rachmadtullah (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2023

Abstract

Keterampilan berkomunikasi di era society 5.0 ini sangat diperlukan oleh calon generasi penerus bangsa dalam segala aspek kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan dimana keterampilan berkomunikasi akan mendorong tercapainya keberhasilan dalam belajar. Namun, keterampilan berkomunikasi peserta didik masih rendah dengan salah satu faktor penyebabnya adalah model pembelajaran yang monoton. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) terhadap keterampilan berkomunikasi di SD. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pra-eksperimen menggunakan metode one group pre-test-post-test design. Sampel penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V di SDN Sumur Welut III/440 Surabaya dengan jumlah 40 anak. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (Paired Sample t-Test) sebagai uji prasyarat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari model pembelajaran Auditory, Intellectually, dan Repetition (AIR) terhadap keterampilan berkomunikasi peserta didik. Model pembelajaran Auditory, Intellectually, dan Repetition (AIR) menekankan bahwa belajar haruslah memanfaatkan semua alat indera yang dimiliki siswa sehingga siswa aktif dalam pembelajaran dan meningkatkan keterampilan berkomunikasi yang dimiliki.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edubase

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Basic Education (Edubase) is an international peer-reviewed journal that publishes original research papers and reviews in the field of basic education conducted by educational practitioners such as teachers, lecturers, basic education observers, basic education policy makers and ...