EduBase: Journal of Basic Education
Vol 4 No 2 (2023): EduBase : Journal of Basic Education

Analisis Pola Belajar Terbimbing Pada Siswa Yang Sulit Untuk Mengikuti Pembelajaran di Kelas VI SDN 3 Tugu

Vidya Ayu Lestari (Universitas Perjuangan Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2023

Abstract

Didalam proses pembelajaran setiap anak mempunyai karakter yang berbeda-beda, oleh karena itu dalam menangani siswa pun tidak bisa dengan menggunakan cara yang sama. Hal ini merupakan titik awal permasalahan dimana seorang pendidik tetap harus memberikan pengajaran kepada siswa agar tidak merasa bosan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang pola belajar terbimbing untuk siswa yang sulit diatur ketika proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dengan subjek penelitian pada siswa kelas VI di SDN 3 TUGU. Instrumen penelitian yang digunakan adalah media elektronik berupa tablet. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi bahwa penerapan dari pola belajar terbimbing dengan media pembelajaran tablet sangat memberikan keuntungan bagi proses pembelajaran dalam mengatasi siswa yang sulit belajar. Adanya perubahan semangat belajar siswa, sebelum dan sesudah penerapan pola belajar terbimbing dengan menggunakan media pembelajaran berupa tablet. Hal ini terlihat dari respon siswa saat mengikuti proses pembelajaran.Upaya yang dilakukan oleh guru pada siswa yang sulit mengikuti pembelajaran ialah menambahkan media media tablet pada pola belajar terbimbing, yang dimana media tablet ini berisikan konten-konten materi pembelajaran seperti powerpoint, video dan google from untuk pengerjaan tugas.Kata Kunci: Pola belajar terbimbing; media pembelajaran; kesulitan belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edubase

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Basic Education (Edubase) is an international peer-reviewed journal that publishes original research papers and reviews in the field of basic education conducted by educational practitioners such as teachers, lecturers, basic education observers, basic education policy makers and ...