EduBase: Journal of Basic Education
Vol 4 No 1 (2023): EduBase : Journal of Basic Education

Eksplorasi Etnomatematika di Bengkulu sebagai Sumber Belajar Matematika pada Materi Penyajian Data Bentuk Diagram Batang

Ike Kurniawati (Universitas Bengkulu)
Mochamad Guntur (Institut Pendidikan dan Bahasa Invada)
Neza Agusdianita (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2023

Abstract

Pendidikan dan budaya adalah sesuatu yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari. Budaya pada hakikatnya merupakan hasil olah karya, rasa, dan cipta manusia yang berlaku dalam suatu masyarakat, sedangkan pendidikan merupakan kebutuhan mendasar bagi setiap inidividu. Etnomatematika merupakan sebuah pendekatan yang dapat digunakan untuk menjembatani antara budaya dan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan eksplorasi etnomatematika dibengkulu sebagai sumber belajar matematika pada materi penyajian data dalam bentuk diagram batang. Metode yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil eksplorasi menunjukkan bahwa dalam kebudayaan yang ada di Bengkulu terdapat unsur-unsur matematika yang dapat dijadikan sumber belajar diantaranya adalah untuk mengajarkan materi penyajian data dalam bentuk diagram batang secara konkret. Sumber belajar tidak hanya bersumber dari buku-buku pelajaran saja, namun dapat didukung dari lingkungan maupun budaya setempat yang lebih bermakna bagi peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edubase

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Basic Education (Edubase) is an international peer-reviewed journal that publishes original research papers and reviews in the field of basic education conducted by educational practitioners such as teachers, lecturers, basic education observers, basic education policy makers and ...