Pendidikan Sekolah Dasar (SD) berkontribusi sebagai awal membangun kecedasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia , keterampilan untuk hidup dan kelanjutan pendidikan peserta didik. Untuk dapat menghasilkan siswa yang berkualitas, kualitas kinerja dari pendidik atau guru perlu diperhatikan. Penilaian Supervisi Akademik diawasi oleh pengawas sekolah dari Dinas Pendidikan guna melihat hasil perkembangan kinerja guru yang di lakukan dua kali setiap tahun pelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu membuat sistem informasi supervisi akademik sebagai sarana penilaian , pelaporan dan pengawasan kinerja akademik guru persemester. Di Kabupaten Kolaka terdapat 186 Sekolah Dasar, sedangkan khusus untuk sekolah dasar yang terdapat dikecamatan pomala berjumlah 17 Sekolah Dasar. Adapun metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu metode waterfall. Adapun tahapan metode waterfall terdiri dari analisis kebutuhan, desain, pengkodean, pengujian dan implementasi. Pada sistem informasi supervisi akademik ini Kepala sekolah beranggung jawab dalam membuat jadwal, melakukan penilaian dan laporan hasil supervisi akademik. Guru dapat melihat jadwal dan hasil penilaian. Sedangkan Pengawas sekolah dapat melihat hasil penilaian dan grafik perkembangan kinerja guru. Pengujian yang dilakukan mengunakan metode whitebox dengan teknik basis path. Berdasarkan hasil pengujian whitebox diperoleh bahwa sistem informasi supervisi akademik memiliki tingkat resiko error menengah sebanyak 3.125 %, sedangkan tingkat resiko rendah sebesar 96.875%. maka ditarik kesimpulan bahwa sistem informasi supervisi akademik memilki tingkat resiko error rendah terhadap error atau cacat program.
Copyrights © 2024