AbstrakSalah satu pendidikan yang berperan sebagai pembentuk karakter bangsa yaitu PendidikanKewarganegaraan. Materi PPKn umumnya disajikan sangat teoritis, abstrak dan sulit dipahamioleh siswa. Selain itu, kurangnya keterampilan guru mengembangkan model dan mediapembelajaran PPKn menyebabkan siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran, sehinggaberdampak pada keaktifan dan kreativitas siswa. Alternatif media pembelajaran yang dapatdigunakan pada muatan PPKn ialah Papan Pintar Pancasila, dimana siswa dapat bermain danmencocokkan gambar sesuai sila secara individu maupun kelompok. Tujuan dalam penelitianini untuk meningkatkan keaktifan dan kreativitas PPKn melalui media Papan Pintar Pancasilapada siswa kelas V di SDN Dana Bhakti. Rancangan penelitian yang digunakan adalahpenelitian metode kuantitatif yang terdiri dari 1 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelasV SDN Dana Bhakti yang berjumlah 32 siswa. Data penelitian diperoleh melalui observasi, tes,dan catatan lapangan. Data observasi kegiatan pembelajaran dianalisis dalam bentuk persentasedan nilai rata-rata kegiatan pembelajaran. Data tes hasil belajar siswa dianalisis denganmenjumlahkan nilai setiap aspek yang dinilai dan berdasarkan persentase ketuntasan belajarklasikal. Data catatan lapangan yang berisi berbagai kendala dianalisis kemudian dicarisolusinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaranmengalami peningkatan. Pada siklus I hasil kaetifan dan kreativitas mencapai 98% dan padaKesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penggunaan Media Papan Pancasiladapat meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa pada pembelajaran PPKn di kelas V SDNDana Bhakti.Kata kunci: papan pintar,pancasila
Copyrights © 2022