Masile:Jurnal Studi Ilmu Keislaman
Vol 3 No 2 (2022): MASILE

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING MATERI PERUBAHAN PADA ENERGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV

Krisa Gotami (STAI Sabili Bandung)
Anisa Mayasari (Unknown)
Hana Rizki Farhana (Unknown)
Ahmad Rifai (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 May 2024

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dan seberapa besarpengaruh model experiential learning terhadap hasil belajar IPA siswa. Sampelnya terdiridari kelas IV B sebagai kelas eksperimen dan kelas IV A sebagai kelas kontrol yang dipilihdengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yangdigunakan adalah pengukuran dengan alat pengumpul data berupa tes tertulis berbentukpilihan ganda. Analisis hasil post-test dengan menggunakan polled variance t-testmenunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa padakelas eksperimen dan kelas kontrol yang menunjukkan besarnya perubahan setelahpenerapan model dengan selisih sebesar 17,63 yang berarti pembelajaran dengan modelexperiential learning mempunyai pengaruh sedang terhadap hasil belajar IPA siswa kelasIV SD Negeri Bojong Kacir 02.Kata Kunci: Model esperiental learning, modle pembelajaran, hasil belajar siswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

masile

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

OCUS MASILE: Journal of Islamic studies emphasizing Contemporary Islamic studies in Indonesia, Southeast Asia, and a Global Perspective with a multidisciplinary approach SCOPE This journal specializes in studying the theory and practice of various topics of Islamic studies, specifically Islamic ...