Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis
Vol. 1 No. 2 (2024): Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis

Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image terhadap Kepuasan Pelanggan pada Fried Chicken Asya

Ade Riska Sari (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang, Indonesia)
Arief Budiyanto (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap kepuasan pelanggan pada Fried Chicken Asya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan dari Fried Chicken Asya yang tak terhingga jumlahnya, maka untuk menentukan jumlah sampel peneliti menggunakan rumus rao purba sehingga didapati 99 responden dengan taraf error 5%.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dengan regresi linier sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Harga (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) dengan persamaan regresi Y = 18,948+0.621 X1+α. Brand Image (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) dengan persamaan regresi Y = 18,811+0,765 X2+ α. Dan secara simultan harga dan brand image berpengaruh positif dan signifikan dengan persamaan regresi linear Y = 17,012+0,382X1+0,333 X2+α Dan dibuktikan dengan thitung>ttabel, pada harga terhadap kepuasan pelanggan (3,546 > 1,661) dan pada brand image terhadap kepuasan pelanggan (2,461 > 1,661) serta uji F dengan membandingkan fhitung>ftabel (89,809> 2,703), dan signifikansi dari ketiga uji hipotesis adalah (0,000<0,005) dapat diartikan H1, H2 dan H3 diterima hal ini menunjukan bahwa terbukti adanya pengaruh harga, brand image terhadap kepuasan pelanggan baik secara parsial maupun simultan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Other

Description

Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis merupakan jurnal yang membahas secara detail berbagai penelitian empiris pada topik ekonomi, bisnis, manajemen dan kewirausahaan. Jurnal ini menyediakan forum pertukaran ilmiah bagi akademisi, praktisi, dan peneliti independen dengan menerbitkan ...