Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis
Vol. 1 No. 3 (2024): Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Swalayan Aneka Buana Pondok Labu

Aulia Syafira Putri (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang)
Sulistiyani Sulistiyani (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Swalayan Aneka Buana Pondok Labu, Untuk mengetahui pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Swalayan Aneka Buana Pondok Labu, Untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga secara bersama-sama terhadap Keputusan Pembelian pada Swalayan Aneka Buana Pondok Labu. Metode penelitian ini menggunakan metode deskripsi kuantitatif, teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Populasinya adalah 18.743 konsumen, pengambilan sampel dapat menggunakan rumus Slovin, maka sampel adalah seluruh konsumen yang berjumlah 100 konsumen. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, analisis koefisien korelasi ganda, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis, hasil perhitungan uji t variabel Kualitas Pelayanan (X1) dengan thitung sebesar 4,845 dan signifikansi sebesar 0.000. Karena thitung lebih besar ttabel (4,845 > 1.984) dan signifikansi lebih kecil dari 5% maka Ha diterima dan H0 ditolak, dapat dinyatakan bahwa Kualitas Pelayanan (X1) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Berdarsarkan hasil perhitungan uji t variabel Harga (X2) dengan thitung sebesar 7,570 dan signifikansi sebesar 0.000. Karena thitung lebih besar ttabel (7,570 > 1.984) dan signifikansi lebih kecil dari 5% (0.000) maka Ha diterima dan H0 ditolak, dapat dinyatakan bahwa Harga (X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Berdasarkan hasil di atas yakni uji ANOVA diperoleh nilai Fhitung sebesar 81.374 sedangkan Ftabel ( 0,05) untuk n = 97 sebesar 2.70. Jadi Fhitung > dari Ftabel ( 0,05) atau 81.374 > 2.70, dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 karena 0,000 < 0,05, maka dapat dikatakan bahwa Kualitas Pelayanan (X1), Harga (X2) dan secara bersama-sama berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Other

Description

Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis merupakan jurnal yang membahas secara detail berbagai penelitian empiris pada topik ekonomi, bisnis, manajemen dan kewirausahaan. Jurnal ini menyediakan forum pertukaran ilmiah bagi akademisi, praktisi, dan peneliti independen dengan menerbitkan ...