Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis
Vol. 1 No. 2 (2024): Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis

Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Tweency Frozen Food di Depok

Apriana Maharani (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang)
Aldila Rahma Putri (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas produk baik secara parsial maupun secara simultan terhadap keputusan pembelian pada Tweency Frozen Food di Depok. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu jumlah konsumen Tweency Frozen Food sebanyak 2055 konsumen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Pursposive Sampling dengan rumus slovin dan jumlah sampel sebanyak 96 responden. Pengumpulan data dengan cara kuesioner, dan teknik analisis data dengan uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal tersebut dapat dibuktikan bahwa t hitung > t tabel (14,390 > 1,985) Dari hasil analisis regresi linier sederhana di peroleh persamaan regresi Y = 12.397 +0,658X1, diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0,658 menunjukan pengaruh yang (positif). Dan kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian hal tersebut dapat dibuktikan bahwa thitung > ttabel (13.498 > 1,985). Dan diperoleh nilai persamaan regresi Y = 7.864 + 0,781X2 jadi, koefiesien regresi sebesar 0,719 menunjukan pengaruh yang (positif), sedangkan secara simultan harga dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan persamaan regresi Y = 8.759 + 0.398X1 + 0.371X2, menunjukan pengaruh yang (positif). Dan hasil uji hipotesis diperoleh nilai f hitung > f tabel atau (124.989 > 3,09), sedangkan hasil koefisien determinasi sebesar 0,729%, dapat disimpulkan bahwa harga dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian sebesar 72,9%, sedangkan sisanya sebesar 27,1 % dipengaruhi oleh faktor lain.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Other

Description

Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis merupakan jurnal yang membahas secara detail berbagai penelitian empiris pada topik ekonomi, bisnis, manajemen dan kewirausahaan. Jurnal ini menyediakan forum pertukaran ilmiah bagi akademisi, praktisi, dan peneliti independen dengan menerbitkan ...