Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penjualan dan harga pokok penjualan terhadap laba pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2018-2022. Penelitian ini dilakukan dengan jumlah populasi sebanyak 47 perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2022. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 5 perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode analisis data berupa analisis regresi berganda setelah dilakukan pengujian asumsi klasik dengan program Eviews12, dengan jenis penelitian yaitu data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji F simultan yang terdiri atas penjualan dan harga pokok penjualan secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap laba. Lalu berdasarkan uji t parsial menunjukkan penjualan berpengaruh signifikan terhadap laba dan harga pokok penjualan berpengaruh signifikan terhadap laba.
Copyrights © 2024