Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat
Vol. 13 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat

PENERAPAN METODE ASY-SYAFI’I DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI DI MA’HAD TAHFIDZUL QUR’AN AN-NAJIYAH BOYOLALI TAHUN AJARAN 2023/2024

Itsna Shafira Assyifa (Unknown)
Suhadi (IIM SURAKARTA)
Praptiningsih (IIM SURAKARTA)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2023

Abstract

Salah satu faktor keberhasilan dalam pembelajaran Al-Qur’an adalah metode yang digunakan oleh pendidik dalam mengajarkan Al-Qur’an. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan Metode Asy-Syafi’i dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri di Ma’had Tahfidzul Qur’an An-Najiyah Boyolali serta faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil pengamatan dari penerapan metode asy-syafi’i dalam meningkatkan kemampuan membaca al-qur’an santri di Ma’had Tahfidzul Qur’an An-Najiyah Boyolali adalah proses penerapan metode asy-syafi’i dalam pembelajaran al-qur’an begitu mudah dipelajari dan dipahami oleh para santri, sehingga para santri mendapatkan peningkatan yang baik pada kemampuan membaca al-qur’an. Peningkatan pada bacaan al-qur’an santri seperti pengucapan makhorijul huruf yang fasih, pemahaman tajwid yang baik serta kaidah tahsin yang dipraktekkan ketika membaca al-qur’an. Beberapa faktor pendukungnya adalah pengajar yang kompeten dan lokasi ma’had yang kondusif serta kebijakan ma’had yang mendukung. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu keterbatasan sarana belajar dan keterbatasan anggaran. Solusi terhadap kendala tersebut adalah melengkapi sarana belajar yang dibutuhkan dan memaksimalkan sarana yang tersedia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jitu

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat is a double-blind peer-reviewed journal on education and teacher training. Tadris Journal is intended to provide academic forums for researchers who are interested in the discussion of current and future issues on education and teacher training, especially in the Muslim ...