Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat
Vol. 14 No. 1 (2024): JITU: Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat

PENGARUH KEBIASAAN SALAT SUBUH DAN MEMBUKA MEDIA SOSIAL DI PAGI HARI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA : PENGARUH KEBIASAAN SALAT SUBUH DAN MEMBUKA MEDIA SOSIAL DI PAGI HARI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

HIJRA (STAIN Majene)
Anwar Sewang (STAIN Majene)
Muhammad Aswad (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sulawesi Barat)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2024

Abstract

Tujuan   dalam penelitian adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh kebiasaan salat subuh terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Majene; 2) Pengaruh kebiasaan membuka media sosial di pagi hari terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam; 3) Pengaruh kebiasaan salat subuh dan membuka media sosial di pagi hari terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 6 Majene. Subjek penelitian yang dipilih secara random sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex pot facto. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Metodologi pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan angket. Data yang diambil yaitu dokumentasi nilai rapot siswa dan skor angket kebiasaan salat subuh dan membuka media sosial di pagi hari. Hasil analisis hipotesis uji regresi sederhana dan uji regresi berganda antara kebiasaan salat subuh (X1) dan membuka media sosial di pagi hari (X2) terhadap prestasi belajar PAI (Y) adalah sebagai berikut : 1) Terdapat pengaruh antara kebiasaan salat subuh (X1) terhadap prestasi belajar PAI (Y) dengan nilai signifikan 0,000< 0,05 dengan koefisien determinasi sebesar 41,3%, 2) Terdapat pengaruh antara kebiasaan membuka media sosial di pagi hari (X2) terhadap prestasi belajar PAI (Y) dengan nilai signifikan 0,000< 0,05 dengan koefisien determinasi sebesar 24,2%, 3) Terdapat pengaruh antara variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y dengan nilai signifikan 0,000< 0,05 dengan koefisien determinasi sebesar 49%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jitu

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat is a double-blind peer-reviewed journal on education and teacher training. Tadris Journal is intended to provide academic forums for researchers who are interested in the discussion of current and future issues on education and teacher training, especially in the Muslim ...