JBTI : Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi


Metode Balance Scorecard Sebagai Tolok Ukur Penilaian Kinerja (Studi Pada PT “X”di Semarang)

Immanuel Ari, Tantri Widiastuti, ( Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja perusahaan PT “X” di Semarang yang menggunakan metode balance scorecard secara keseluruhan dalam kondisi baik. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis. populasi dalam penelitian ini adalah karyawan yang berjumlah 60 orang (perspektif pembelajaran dan pertumbuhan) dan customer yang masih aktif sampai dengan tahun 2013 sebesar 100 konsumen baik dari rumah sakit, apotek maupun distributor kecil (perspektif pelanggan). Sampel yang diambil dari penelitian ini berjumlah 50 konsumen dan 38 karyawan (perspektif pembelajaran dan pertumbuhan).Hasil penelitian menunjukkan kinerja perusahaan berdasarkan balance scorecard pada financial perspective (perspektif keuangan) berada dalam kondisi baik. Kinerja perusahaan berdasarkan balance scorecard pada Customersl Perspective (perspektif pelanggan) berada dalam kondisi baik. Kinerja perusahaan berdasarkan balance scorecard pada Internal Business Process Perspective (perspektif proses bisnis internal) berada dalam kondisi baik. Kinerja perusahaan berdasarkan balance scorecard pada Learning and Growth Perspective (perspektif pembelajaran dan pertumbuhan) berada dalam kondisi baik. Dan kinerja perusahaan berdasarkan balance scorecard pada keseluruhan perspektif berada dalam kondisi baik.Keywords: balance scorecard , kinerja, customer.

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

bti

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Bisnis: Teori dan Implikasi (JBTI) merupakan jurnal ilmiah berkala (setahun dua kali). Tujuan utama jurnal ini adalah untuk mendiseminasi artikel ilmiah dalam bidang bisnis, yang memiliki fondasi teori dan implemetatif. Berkaitan dengan hal tersebut, artikel yang dipublikasikan harus ...