Berkala Ilmiah Pendidikan
Vol. 4 No. 1 (2024): Berkala Ilmiah Pendidikan

Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model STAD Pada Pembelajaran Tematik Kelas III MI Wajar Ma’arif Sribhawono

Aidil Putra (Universitas Ma'arif Lampung, Indonesia)
Masrurotul Mahmudah (Universitas Ma'arif Lampung, Indonesia)
Nur Laili (Universitas Ma'arif Lampung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peningkatan prestasi belajar tematik siswa setelah menerapkan model pembelajaran STAD. Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas III MI Wajar Ma'arif Sribhawono, dengan objek penelitian berfokus pada hasil belajar tematik. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menerapkan model pembelajaran STAD pada siklus I, terjadi peningkatan hasil belajar tematik dari nilai awal sebesar 59,7 menjadi 73,1, dan pada siklus II mengalami peningkatan lebih lanjut menjadi 83,0. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD efektif dalam meningkatkan prestasi belajar tematik siswa kelas III MI Wajar Ma'arif Sribhawono.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Berkala Ilmiah Pendidikan (Online ISSN 2775-5312) publishes original articles on the latest issues and trends occurring in education curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of teachers with the aim to advance our knowledge of education theory and practice. Moreover, this journal ...