Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembentukan karakter siswa berbasis nilai-nilai sila Pancasila, dan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai sila Pancasila. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Ma’arif 20 Sumber Rejeki, dengan objek penelitian berfokus pada hasil pemahaman siswa terhadap nilai-nilai sila pancasila dan pembentukan karakter siswa. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara (Interview), Dokumentasi, Tes, dan Kuesioner angket. Teknik Analisa Data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dan tahapan penelitiannya mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase pencapaian pada RPP meningkat dari 60% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II. Selain itu, pada aspek respon siswa terhadap karakteristik, hasil penelitian menunjukkan sebesar 73,9%. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini efektif dan berhasil untuk penerapan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai sila pancasila dan pembentukan karakter siswa.
Copyrights © 2024